19 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Harga Masih Pedas, Jefridin Sambut Ajakan Pemerintah Pusat Gelar Gerakan Tanam Cabai

ENGKUPUTRI, KataBatam- Sebagai respons akibat lonjakan harga cabai di beberapa wilayah di Indonesia, Pemerintah Pusat mengajak para Kepala Daerah untuk melaksanakan Gerakan Menanam Tanaman Cabai.

Hal ini diungkap Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batam sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi Daerah Minggu Ke-3 Desember 2023, bersama Kementerian Dalam Negeri RI secara virtual, dari ruang rapat Embung Fatimah, Lantai IV, Kantor Wali Kota Batam, Batamcenter, Rabu (27/12/2023).

“Pemko Batam tentu mendukung penuh Gerakan Menanam Tanaman Cabai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam,” tegasnya.

Jefridin berharap, dukungan yang diberikan dapat terealisasi dalam waktu dekat dan berjalan secara konsisten serta berkesinambungan.

“Sebelumnya Gerakan Menanam Cabai ini sudah pernah kita lakukan. Selanjutnya, bagaimana program ini dapat terus berjalan secara konsisten dan dapat menekan angka inflasi terutama dari komoditi cabai,” ungkapnya.

Jefridin menyampaikan bahwa Pemko Batam juga terus melakukan berbagai upaya guna menekan inflasi. Di antaranya dengan menggelar Operasi Pasar Murah, Penyaluran Sembako Bersubsidi, Bantuan Cadangan Beras Pemerintah dan sebagainya.

๐—œ๐—ป๐—ณ๐—น๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ฅ๐˜‚๐˜๐—ถ๐—ป ๐—ง๐—ถ๐—ฎ๐—ฝ ๐——๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ
Jefridin juga berdasarkan historis data, secara nasional selama tiga tahun terakhir selalu terjadi inflasi pada komoditi cabai merah di bulan Desember.

Inilah yang membuat secara nasional, penyebab inflasi terbesar di beberapa daerah di Indonesia disebabkan oleh komoditi cabai.

“Secara nasional cabai merah rata-rata pada minggu ketiga Desember 2023, berada pada harga Rp 61.820 perkilogramnya. Sedangkan cabai rawit naik sebesar 14,79 persen dibandingkan dengan November 2023,” jelas Jefridin menyampaikan hasil Rakor Inflasi Nasional.

Sedangkan untuk harga bawang merah pada minggu ketiga Desember 2023, mengalami kenaikan dibanding November 2023 sebesar 13,96 persen.

Untuk harga telur ayam ras pada minggu ketiga Desember 2023, juga mengalami kenaikan harga sebesar 0,88 persen dibandingkan November 2023. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.