14 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Batam Bersiap Sambut Iven Balapan Sepeda Kelas Dunia

Rapat Koordinasi Lanjutan Tour de Batam di Nongsa Point Marina. Foto: Istimewa

NONGSA, KataBatam – Batam bersiap sambut iven balapan sepeda kelas dunia. Iven bertajuk Tour de Batam 2023 ini merupakan balap sepeda bergengsi di bawah lisensi Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi internasional olahraga sepeda.

Iven sport tourism ini akan berlangsung pada 22 hingga 24 September 2023 mendatang. Tour de Batam akan menjajal lintasan rute yang ada di Batam.

Ada beberapa kategori yang akan dilombakan yaitu Individual Time Trial, Gran Fondo 149 KM, 54 kilometer dan 104 kilometer yang merupakan kualifikasi seri dunia di bawah naungan UCI atau asosiasi sepeda dunia.

Tour de Batam ini merupakan iven kolaborasi kerja sama antara Meta Sport, Nongsa Resorts dan didukung oleh Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Nongsa Resorts Group Director Gerald A Hendrick mengatakan untuk memastikan kelancaran iven ini, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam menggelar Rapat Koordinasi Lanjutan di Nongsa Point Marina dan Resort Batam.

Rapat koordinasi dihadiri instansi di lingkungan pemerintah Kota Batam, seperti Dinas Perhubungan, Bina Marga, Dinas Kesehatan, Camat Nongsa, Sei Beduk, Galang, BP Batam, ISSI Kepri, Bea Cukai, Imigrasi, Kepolisian, dan stakeholder pariwisata di kawasan Nongsa.

“Ini merupakan tanggung jawab moral kami sebagai pengelola kawasan wisata di Batam, kami akan terus berkreasi, berinovasi untuk mendatangkan wisatawan,” kata Gerald.

Tour de Batam ini kata dia merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batam. Wisatawan ke Batam jelas akan berdampak bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Ardiwinata menyambut baik gelaran iven ini. Menurutnya Pemerintah Kota Batam terus menggenjot kunjungan wisatawan ke Kota Batam.

Ardi meminta semua pihak ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Iven ini, termasuk dukungan penuh dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kepulauan Riau.

Menurut pihak Meta Sport, tercatat 730 peserta dari lebih 38 Negara telah mendaftar melalui Meta Sport, para peserta sudah juga memesan tiket ferry dan hotel di kawasan Nongsa. (abh)

Baca Juga: Tempuh 92 Km, 165 Pembalap Sepeda Ramaikan Tour De Em Nongsa Roll and Race

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.