23 Juni 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI PAGI: Manusia Berpikir

manusia berpikir

TETAP BIJAK: Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), berpayung dalam hujan bersama sang istri, Hj Marlin Agustina, yang tak lain Wakil Gubernur Kepulauan Riau. Sehat selalu untuk para pemimpin kita!

“BERPIKIR adalah pekerjaan yang berat, itu sebabnya sangat sedikit orang yang mau melakukannya,” kata ilmuwan Albert Einstein.

Mengapa berpikir berat? Sebab butuh upaya sistematis sebelum menyimpulkan sesuatu. Dimulai dari mencari data-data dan fakta penunjang, baik berdasar pengalaman, peristiwa, hingga studi perpustakaan.

Data-data tadi kemudian dianalisa atau dikaji, diolah, disandingkan, bahkan dipertarungkan, sebelum kemudian menjadi sebuah informasi baru yang bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, definisi, konteks, sumber, data dan faktanya sudah tertib.

Kalau berpikir berat, yang gampang itu apa? Menuduh, dan mengkambing-hitamkan. Betapa tidak, jika ada isyu, malas dianalisa, tapi langsung lompat ke kesimpulan. Itu pun masih disebarkan dengan bangga. Biar gagah, dibumbui dengan teori konspirasi. Tak heran mengapa kita gampang terpapar hoax.

Meminjam kata cendekiawan Emha Ainun Najib, “Berpikir itu suatu pekerjaan yang berat, sementara yang ringan itu menghakimi. Menghakimi itu lebih mudah sebab tak sanggup untuk berpikir.”

Begitulah… Kadang manusia menjadi hakim yang sangat kejam saat memvonis kesalahan orang lain, sebaliknya, menjadi pembela yang sangat gigih dalam mengadili kesalahan diri sendiri.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.