24 Juni 2024

Kabar Baik dari Batam

MARLIN’S WAY: Pemimpin itu Harus Cinta Budaya, Meriahkan Soenda Fest Batam 2023

Soenda Fest Batam 2023

HAI GAES… Sabtu (4/11/2023) malam, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, mendampingi Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), membuka Soenda Fest Batam 2023, di Dataran Engkuputri Batam, Batamcenter.

Pesta rakyat Sunda di Kota Batam ini berlangsung tiga hari, dimulai Jumat dan berakhir Minggu, atau 3-5 November 2023.

Disebut “pesta rakyat”, karena menampilkan berbagai kesenian khas Sunda, di antaranya, seni tari jaipong bajidoran, sisingaan, pencak silat, debus, dan lainnya. Tak hanya itu, juga banyak disajikan aneka kuliner khas Jawa Barat lewat bazar UMKM.

Tampil menghibur, musisi papan atas asal tanah Pasundan, seperti Doel Sumbang dan Acil Bimbo. Dari kalangan anak muda ada Sany (ex band Five Minutes), Sonia KDI, dan banyak lagi.

Acara yang sangat meriah ini, dibuka dengan tujuh kali pemukulan gong oleh Marlin Agustina, yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam.

Selanjutnya, HMR yang tampil dengan beskap (pakaian adat Sunda formal) lengkap, dipakaikan “totopong” — ikat kepala pria dari Sunda– oleh sesepuh masyarakat Sunda. Tak hanya itu, HMR diberi kujang khusus, yang kemudian dia acungkan ke udara.

Ini berarti secara resmi menjadi warga kehormatan bagi warga asal Jawa Barat dan Banten.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, serta para pimpinan dan pegawai Pemko Batam dan BP Batam. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.